Kamis, 26 April 2012

SBY Ingin Orang Miskin Punya Rumah, Djan Faridz Rayu BPD

Menteri Perumahan Rakyat, Djan Faridz merayu Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk mau mengucurkan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk masyarakat yang tidak berpenghasilan tetap dan tak tersentuh bank.

"Kami harapkan BPD-BPD ini bisa memberikan kredit perumahan bagi masyarakat yang belum bankable, artinya yang belum mempunyai penghasilan tetap," kata Djan di hadapan para Dirut BPD di kantornya, Jakarta, Rabu (25/4/2012).

Ini dilakukan, agar cita-cita Presiden SBY bisa tercapai yakni masyarakat berpenghasilan rendah bisa memiliki rumah yang layak huni.

"Risiko kredit macet? Tenang kreditnya akan kita asuransikan 100% ke Askrindo dan negara yang nanggung," ujar Djan.

Diungkapkan Djan, hal ini sudah dilaksanakan di Palembang dan berjalan dengan sangat baik. BPD di Palembang memberikan kredit perumahan bagi masyarakat yang belum bankable.

"Hasilnya sudah saya lihat, sampai saat ini tidak ada satupun nasabahnya yang telat bayar mau itu per hari, per minggu, per bulan," tegas Djan.

Sistem pembayaran kredit pada nasabah di Palembang cukup fleksibel, bisa ditentukan tiap hari, tiap minggu, tiap dua minggu atau tiap bulan.

"Dan saya sudah cek mereka taat bayarnya walaupun nasabahnya tidak memiliki penghasilan tetap tapi mempunyai komitmen yang kuat dan keinginan memiliki rumah yang layak," ujarnya.

Untuk itu, dirinya mengharapkan para BPD di daerah lain dapat meniru BPD di Palembang.

"Sayang kalau tidak diberdayakan, mereka mampu bayar cuma yang tidak bankable dan bank sebenarnya tidak perlu khawatir, kreditnya dijamin asuransi kok. Jadi tinggal kemauan BPD saja mau tidak menyediakan kredit untuk masyarakat yang belum bankable untuk mewujudkan memiliki rumah layak huni," tandas Djan.

Dan perlu diketahui Askrindo sendiri mengaku siap untuk menjamin 100% kredit yang disalurkan BPD.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Properti

Custom Search

Ir. Andreas Siregar

Konsultan Properti

Pendiri AB Property

Tenaga Pengajar pada

PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY

Follow Twitter @penilaipublik untuk Tips & Konsultasi Properti

Aditya Budi Setyawan

Pendiri AB Property (Partner) ✉absetyawanwassuccess@live.com

☎ 0878787 702 99

085 7755 1819 5

0852 2120 3653

021 444 300 33 (flexi)

BB : 31 789 C84

Facebook Twitter MySpace Blogger Google Talk absetyawan Y! messenger adityabsetyawan
My QR VCard

Cari