Kamis, 12 Desember 2013

Bingung Investasi Properti, Pilih Ruko atau Kios?

Anda bingung menentukan pilihan mau berinvestasi dalam bidang properti khususnya di segmen komersial. Misalnya bila Anda ingin berinvestasi di rumah toko (Ruko) atau toko/kios.

Keduanya sekilas tidak berbeda, namun apabila dicermati keduanya mempunyai perbedaan jika dikaitkan dengan investasi. Ruko dan kios mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, berikut ini ini kelebihan dan kekurangan dari berinvestasi ruko dan toko:

1. Ruko

Jika Anda berinvestasi ruko, kelebihannya ruko ini banyak diminati oleh para pelaku bisnis terlebih lagi jika ruko itu terletak di kawasan 'basah', sebut saja kawasan bisnis, perdagangan, atau tempat lainnya

Selain itu, apabila ruko berada di kawasan basah, untuk cepat larisnya bisa cepat karena sangat prospektif, dan patut diperhatikan prospek ruko ini sangat tergantung dari lokasinya.

Ruko di wilayah stretegis itu biasanya mahal, tetapi Anda bisa memilih ruko yang harganya agak sedikit murah seperti ruko yang berada di pinggiran kota.

Namun pertimbangkan juga apakah nantinya di wilayah tersebut memiki potensi untuk berkembang beberapa tahun yang akan datang atau tidak? Jika iya Anda bisa membelinya namun jika tidak Anda sebaiknya pikir-pikir lagi.

Dan untuk mengetahui perkembangan tempat itu Anda bisa melihatnya dari fasilitas umum dan akses kendaraan yang akan dibangun dan juga pertumbuhan perumahan di daerah sekitarnya. Namun berinvestasi di ruko juga mempunyai kekurangan, salah satunya adalah ruko ini sangat rentan terhadap krisis ekonomi.

2. Toko/Kios

Kelebihannya, permintaan untuk toko ini sangat tinggi jika berada di kawasan perdagangan. Belum lagi dengan Capital gain yang akan diperoleh dalam waktu jangka panjang (lebih dari lima tahun), semakin ramai dan banyak transaksi di sebuah lokasi toko, maka capital gain semakin tinggi.

Kekurangannya mungkin hampir sama dengan ruko, yaitu lokasi. Memang tak dipungkiri lokasi ini memegang peranan penting. Jadi salah-salah Anda mendapatkan atau mendirikan toko di lokasi yang tidak strategis. Bukan untung yang Anda dapatkan melainkan buntung.

detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Properti

Custom Search

Ir. Andreas Siregar

Konsultan Properti

Pendiri AB Property

Tenaga Pengajar pada

PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY

Follow Twitter @penilaipublik untuk Tips & Konsultasi Properti

Aditya Budi Setyawan

Pendiri AB Property (Partner) ✉absetyawanwassuccess@live.com

☎ 0878787 702 99

085 7755 1819 5

0852 2120 3653

021 444 300 33 (flexi)

BB : 31 789 C84

Facebook Twitter MySpace Blogger Google Talk absetyawan Y! messenger adityabsetyawan
My QR VCard

Cari