Minggu, 23 Oktober 2011

Punya NPWP & SPT Bisa Cicil Rumah Murah


Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa menyatakan adanya Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi Tahun Pajak 2010 sangat penting bagi masyarakat yang ingin mendapatkan fasilitas pembiayaan perumahan yang murah dan terjangkau. Untuk itu, Menpera mengimbau serta mengajak masyarakat untuk segera menyerahkan SPT secepatnya di kantor pelayanan pajak terdekat.

“Masyarakat yang ingin mendapatkan fasilitas pembiayaan perumahan yang murah dari pemerintah harus punya NPWP dan SPT. Oleh karena itu, setiap masyarakat harus segera menyerahkan SPT,” ujar Suharso Monoarfa kepada sejumlah wartawan usai menyerahkan SPT Tahunan PPh di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bogor, Selasa (22/3) siang.


Suharso Monoarfa menjelaskan, dirinya memang sengaja ingin menyerahkan SPT Tahunan PPh tanpa diwakilkan oleh orang lain. Sebab, dirinya ingin mengajak dan memberikan efek edukasi kepada masyarakat luas tentang arti penting SPT.

Lebih lanjut, Suharso Monoarfa menerangkan, membayar pajak merupakan perintah dari konstitusi. Selain itu, pajak yang disetorkan diperlukan untuk membayar kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tidak hanya menuntut saja tapi juga harus ikut secara aktif melaksanakan kewajiban membayar pajak ini. “Pajak itu bukanlah sesuatu hal yang harus ditakutkan oleh masyarakat, tapi kewajiban yang diatur oleh konstitusi,” ujarnya.

Suharso Monoarfa menambahkan, dirinya juga mendengar di Bogor terjadi lonjakan luar biasa dari masyarakat yang ingin menyerahkan SPT. Mudah-mudahan hal itu ada implikasi dari kebijakan di bidang perumahan yang dibuat oleh Kementerian Perumahan Rakyat. Salah satunya adalah persyaratan bagi masyarakat yang ingin memperoleh Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) harus memiliki NPWP dan SPT.  “Untuk mendapatkan FLPP masyarakat harus punya NPWP dan SPT. Malah di peraturan menteri yang penting adalah SPTnya,” tandasnya.

Terkait untuk kebijakan yang baru bidang perumahan yakni program rumah murah yang harganya sekitar Rp 20 – 25 juta, Suharso Monoarfa juga berencana mewajibkan masyarakat untuk punya NPWP dan SPT. Hal itu untuk menunjukkan bahwa mereka adalah orang yang berhak untuk mendapatkan fasilitas tersebut. “Jangan sampai fasilitas itu jatuh ke tangan orang yang tidak berhak,” katanya.

Sementara itu, Plh Kepala KPP Pratama Bogor, Hasan Basri mengungkapkan, pihaknya merasa senang dengan adanya kehadiran Menpera yang menyerahkan secara langsung SPT Tahunan PPh. Untuk itu, dirinya berharap langkah Menpera ini bisa menjadi contoh dan diikuti oleh masyarakat di Bogor.

Hasan basri menuturkan, KPP Pratama Bogor mentargetkan sekitar 67 persen dari total keseluruhan wajib pajak yang terdaftar di Bogor atau sekitar 70.000 wajib pajak bisa segera menyerahkan SPT nya sebelum tanggal 31 Maret mendatang. “Kita harap masyarakat di Bogor dapat mengikuti contoh yang diberikan oleh Menpera untuk menyampaikan SPT tahunannnya di kantor pelayanan pajak terdekat,” harapnya.

dikutip dari berbagai usmber.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Properti

Custom Search

Ir. Andreas Siregar

Konsultan Properti

Pendiri AB Property

Tenaga Pengajar pada

PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY

Follow Twitter @penilaipublik untuk Tips & Konsultasi Properti

Aditya Budi Setyawan

Pendiri AB Property (Partner) ✉absetyawanwassuccess@live.com

☎ 0878787 702 99

085 7755 1819 5

0852 2120 3653

021 444 300 33 (flexi)

BB : 31 789 C84

Facebook Twitter MySpace Blogger Google Talk absetyawan Y! messenger adityabsetyawan
My QR VCard

Cari