Senin, 24 Oktober 2011

Jenis-Jenis Sertifikat Tanah (Properti)




Pebisnis asing di Indonesia memiliki kepedulian tentang penggunaan lahan dan hak kepemilikan untuk tujuan bisnis. Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 mengatur payung hukum mengenai hak atas kepemilikan tanah. Hukum meliputi beberapa hak - terutama mereka yang warga negara Indonesia - yaitu hak kepemilikan (hak milik), bangunan hak atas tanah (Hak Guna Bangunan), budidaya hak atas tanah (hak guna Usaha) dan hak penggunaan (hak pakai).



Dengan munculnya investasi asing dan bisnis di Indonesia, banyak investor asing perlu bangunan atau tanah untuk perusahaan mereka. Seorang investor asing yang ingin menjalankan bisnis mereka di Indonesia dapat memperoleh gedung / kantor atau tanah di bawah hak-hak berikut:




Setifikat Hak Guna Bangunan

Hak untuk membangun dan memiliki struktur pada tanah milik orang lain: Durasi tepat untuk bangunan maksimal 30 tahun, dapat diperpanjang selama 20 tahun (pasal 30 UU No oleh 5 / 1960).Hak ini dapat ditransfer ke orang lain menjual dan mewarisi, yang juga dapat mengamankan pinjaman, sebagai Hak Hipotek.Mereka yang dapat memperoleh hak untuk membangun perbuatan adalah warga negara Indonesia dan badan hukum (seperti perseroan PT / terbatas) yang didirikan menurut hukum Indonesia dan berkedudukan di Indonesia, baik untuk 100 persen milik asing, joint venture atau 100 persen bahasa Indonesia- dimiliki perusahaan.Investor asing yang menginginkan untuk mendirikan bisnis mereka di Indonesia dapat memiliki bangunan mereka / kantor di bawah sebuah "hak untuk membangun" perbuatan untuk jangka waktu yang ditetapkan.


Sertifikat Hak Guna Usaha

Ini adalah hak guna usaha atas tanah negara untuk pertanian dan usaha pertanian. Durasi maksimal 25 tahun, diperpanjang selama 35 tahun, dan harus terdaftar di Land Daftar di Badan Pertanahan Nasional (Badan Pertanahan Nasional / BPN). Seperti dalam Hak Guna Bangunan, Hak Budidaya dapat mengamankan pinjaman dengan memberikan sertifikat Hak Budidaya kepada pemberi pinjaman.Warga negara Indonesia dapat memiliki hak-hak ini, seperti dapat entitas hukum (seperti PT / perseroan terbatas) yang didirikan menurut hukum Indonesia dan berkedudukan di Indonesia, baik untuk 100 persen usaha milik asing, sendi atau 100 persen milik Indonesia perusahaan.



Hak Penggunaan (Hak Pakai)

Ini adalah hak untuk menggunakan dan / atau panen dari tanah langsung dimiliki oleh negara (yang diberikan oleh pemerintah yang berwenang akta resmi), atau tanah swasta (berdasarkan kesepakatan dengan pemilik tanah). Hal ini dapat diterapkan untuk lahan untuk digunakan sebagai lokasi bangunan atau untuk tujuan pertanian. Pengalihan hak ini harus memiliki otorisasi pemerintah daerah.



Hak Sewa Bangunan (Hak Sewa)

Seseorang atau badan hukum Indonesia memiliki hak untuk menyewa tanah lain. Hak ini milik warga negara Indonesia, orang asing, dan badan hukum (seperti PT / perseroan terbatas) yang didirikan menurut hukum Indonesia dan berkedudukan di Indonesia atau kantor perwakilan dari badan hukum asing. Para leasee dan leaser dapat membuat perjanjian untuk mengaturnya.



Hak Pengelolaan Lahan (HPL)
Dalam pembahasan mengenai HGB, HGU dan Hak Pakai sering ditemui istilah Hak Pengelolaan Laha (HPL), dimana ketiganya sering dilekatkan pada obyek tanah yang berstatus HPL.
Hak Pengelolaan Lahan (HPL) adalah hak yang diperoleh oleh suatu badan usaha terhadap Asset Negara yang dikuasai oleh suatu BUMN, BUMD, maupun Pemerintah Daerah.
Perlu ditegaskan disini, bahwa Hak Pengelolaan Lahan (HPL) bukanlah suatu suatu bentuk kepemilikan, melainkan hak pengelolaan Asset Negara untuk dipergunakan sesuai dengan peraturan zoning dan tata ruang.
Namun demikian pemegang hak kelola (dalam hal ini biasanya developer) dapat membebankan pada tanah tersebut Hak Guna Bangunan (HGB) atau pun Hak Pakai (HP) dan dapat pula mengusulkan pihak-pihak lain (biasanya Pembeli) untuk mendapatkan sebagian hak-hak tersebut, untuk bidang yang telah diperuntukkan bagi orang tersebut.
Biasanya HGB diatas HPL ini mempunyai jangka waktu 30 tahun dan dapat perpanjang lagi selama 20 tahun.HGB di atas tanah HPL ini juga dapat diperbaharui apabila seluruh jangka waktu HGB dan perpanjangannya telah berakhir.


SHSRS (Sertifikat Hak Atas Satuan Rumah Susun)
Adapun SHSRS berhubungan dengan kepemilikan seseorang atas satu unit di hunian vertikal, rumah susun yang dibangun di atas tanah dengan kepemilikan bersama. Hak milik atas satuan rumah susun bersifat perorangan dan terpisah.
Akan tetapi, selain atas kepemilikan atas satuan rumah susun, hak milik satuan rumah susun tersebut juga meliputi hak kepemilikan bersama atau yang disebut sebagai bagian bersama, tanah bersama, dan benda bersama, terpisah dari kepemilikan satu rumah susun. Inilah yang sering disebut sebagai strata title.
Strata title merupakan sistem yang memungkinkan pembagian tanah dan bangunan dalam unit-unit yang disebut satuan, dalam hal ini satuan rumah susun. Secara sederhana, bangunan vertikal untuk perumahan ada tiga jenis, yakni rumah susun, apartemen, dan kondominium. Namun, untuk memudahkan, karena pengaturan undang-undang, yakni Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1985 tentang Rumah Susun, digunakan istilah rumah susun untuk mengacu pada bangunan vertikal yang digunakan sebagai tempat tinggal.
Pengaturan kepemilikan bersama dalam satuan rumah susun digunakan untuk memberi dasar kedudukan atas bench tak bergerak yang menjadi obyek kepemilikan. Bench bersama tersebut, antara lain, taman, tempat parkir, tempat bermain, dan tempat ibadah yang sifatnya terpisah dari struktur bangunan rumah susun. Adapun tanah bersama adalah tanah yang digunakan atas dasar hak bersama secara tidak terpisah yang di atasnya berdiri rumah susun dan ditetapkan batasnya dalam persyaratan lain izin bangunan.
Jangka waktu strata title biasanya mengikuti status tanah di mana bangunan rumah susun itu berdiri. Jika status tanahnya masih merupakan HGB, pada akhir masa haknya pemilik sertifikat strata title harus bersama-sama memperpanjang HGB atas tanahnya.
Namun, akan berbeda jika status tanahnya SHM. Perbedaan status tanah ini penting karena hanya warga negara Indonesia (WNI) yang berhak mendapatkan SHM. Jadi, orang asing tak boleh membeli rumah susun atau apartemen jika status tanah di atas bangunan rumah susun atau apartemen tersebut adalah SHM.


Hak Guna Bangunan vs Hak Milik
Hak Guna Bangunan hanya hak untuk menggunakan bangunan untuk suatu periode waktu tertentu, yang kemudian harus diperpanjang. Pemilik Hak Guna Bangunan tanah adalah pemerintah Indonesia. Sementara itu, hanya dengan Hak Milik Anda benar-benar memiliki tanah atau bangunan. Hak Milik tidak perlu diperpanjang.Pembelian Properti (Strata Title, Convertible Lease Agreement atau pembelian tidak langsung)Menurut hukum Indonesia, orang asing tidak dapat memiliki tanah di Indonesia tetapi membeli apartemen atau ruang kantor dimungkinkan melalui suatu perbuatan strata title. Peraturan 1996 (No 41/1996) menyatakan bahwa seorang ekspatriat yang tinggal di Indonesia atau negara kunjungan secara teratur untuk tujuan bisnis dapat membeli rumah, apartemen atau kondominium, asalkan bukan pembangunan pemerintah disubsidi. Judul hanya untuk hak pakai. Pada kenyataannya, peraturan No 41/1996 masih agak tidak jelas dan tidak asing sebenarnya telah dapat menerima strata title sebagai sertifikat kepemilikan. Meskipun kepemilikan secara hukum tidak jelas, orang asing menandatangani perjanjian sewa konversi dengan perusahaan manajemen properti atau tidak langsung dengan menggunakan nama-nama warga negara Indonesia yang mereka memiliki perjanjian terpisah dengan.

Konversi Perjanjian Sewa
Satu cara bagi orang asing untuk melanjutkan dengan pembelian properti, meskipun ambiguitas hukum, adalah untuk menandatangani Perjanjian Sewa Konversi untuk membeli apartemen. Berdasarkan perjanjian forgoing, asing dapat membeli apartemen, tapi judul masih dipegang atas nama pengembang atau perusahaan manajemen properti. Perjanjian sewa untuk jangka waktu tertentu.Menyatakan bahwa Perjanjian Sewa convertible, jika dan ketika undang-undang dan peraturan yang berlaku izin, lessee menjadi pemilik sah dari unit apartemen judul / strata. Baik kecil dan penyewa akan diwajibkan untuk menandatangani akta penjualan dan pembelian dan judul akan ditransfer ke pemilik asing.Jika Anda tertarik untuk membeli kondominium melalui jenis perjanjian, menyelidiki perusahaan manajemen properti secara menyeluruh. Dalam krisis ekonomi saat ini, banyak pengembang menanggung tekanan ekonomi yang serius dan biaya konstruksi pada banyak sifat yang telah ditunda atau dibatalkan.Konsultasikan dengan pengacara terkemuka memastikan bahwa semua implikasi hukum secara menyeluruh tertutup.

9 komentar:

Saya suka artikelnya. Mohon maaf saya numpang promo

Dijual tanah 10 hektar dipinggir jalan, daerah cibitung bekasi, 5 hektar sertifikat 5 hektar ajb harga 2,6 juta permeter nego. Tidak banjir. 2 km menuju pintu tol cibitung.

Dan Tanah sertifikat 1,1 Hektar dipinggir kalimalang harga 2,8 juta permeter nego.

Lokasinya cocok buat pabrik, gudang industri, pool bus dan kontainer, kantor dll.

Gufron
08881764421
http://tanahdicibitung.blogspot.com/Saya suka artikelnya. Mohon maaf saya numpang promo

Dijual tanah 10 hektar dipinggir jalan, daerah cibitung bekasi, 5 hektar sertifikat 5 hektar ajb harga 2,6 juta permeter nego. Tidak banjir. 2 km menuju pintu tol cibitung.

Dan Tanah sertifikat 1,1 Hektar dipinggir kalimalang harga 2,8 juta permeter nego.

Lokasinya cocok buat pabrik, gudang industri, pool bus dan kontainer, kantor dll.

Gufron
08881764421
http://tanahdicibitung.blogspot.com/

Nama saya dewi Setiana, warga Indonesia, dari kota surakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya deperately membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya situasi yang tidak terlalu baik dan putus asa, aku jatuh ke tangan seorang pemberi pinjaman palsu, dari saudi arabia. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Emiliana, pemilik sebuah organisasi kredit global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp450,000,000 dalam waktu kurang dari 24 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Mrs. Emiliana mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

sehingga untuk pekerjaan yang baik dari Ibu Emiliana dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Mrs. Emiliana, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson11@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setianadewi2020@gmail.com dan Miss Irawati yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs. Emiliana, Dia juga menerima pinjaman dia dari Mrs. Emiliana. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: irawatidianna@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Emiliana untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan hutang? Apakah Anda menemukan diri Anda dalam sedikit masalah dengan tagihan yang belum dibayar dan tidak tahu ke mana harus pergi atau kemana harus berpaling? Bagaimana dengan menemukan perusahaan Debt Consolidation yang memiliki reputasi baik yang dapat membantu Anda dalam mengurangi angsuran bulanan sehingga Anda memiliki pilihan pelunasan yang terjangkau serta ruang untuk bernafas saat sampai pada akhir bulan dan tagihan perlu dibayar?

** Apakah Anda terjepit secara finansial?
** Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan hutang?
** Apakah Anda mencari keuangan untuk mendirikan bisnis Anda sendiri?
** Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi atau bisnis untuk berbagai keperluan?
** Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan proyek besar?

Kami menawarkan jenis pinjaman berikut

* Pinjaman Konsolidasi Utang * Pinjaman Bisnis * Pinjaman Pribadi * Pinjaman Rumah Tangga * Keuangan Mobil * Pinjaman Komersial * Pinjaman Investasi * Konsolidasi Utang * Perencanaan Bisnis * Pengembangan Komersial Keuangan * Properti Hipotek * Pinjaman kredit buruk * pinjaman komersial * Pinjaman modal kerja awal * Pinjaman konstruksi * Kredit mobil, * Pinjaman hotel * Pinjaman siswa

Kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2% dan jangka waktu pinjaman 1 sampai 30 tahun untuk melunasi pinjaman (aman dan tidak aman). Jangan menyimpan masalah keuangan Anda kepada diri sendiri agar Anda tidak menjadi master utang atau tekanan keuangan, karena itulah Anda harus segera menghubungi kami untuk mendapatkan solusi atas masalah keuangan Anda. Ini akan sangat menyenangkan bagi kita saat Anda stabil secara finansial.

Email: michelledouglas899@gmail.com

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Halo semuanya, saya Patricia Sherman di Oklahoma USA sekarang. Saya ingin berbagi dengan Anda pengalaman saya meminjam USD $ 185.000,00 untuk menghapus draft bank saya dan memulai bisnis baru. Semuanya berawal ketika saya kehilangan rumah dan saya mengambil barang-barang saya karena kebijakan bank dan saya memenuhi beberapa tagihan dan beberapa kebutuhan pribadi. Jadi saya menjadi sangat putus asa dan mulai mencari dana dengan segala cara. Untungnya bagi saya, seorang teman saya, Linda memberi tahu saya tentang sebuah perusahaan kredit, saya tertarik dengan penipuan itu, tetapi saya tertarik dengan situasi saya dan tidak punya pilihan selain mendapatkan nasihat dari teman saya tentang perusahaan ini. menghubungi mereka benar-benar meragukan saya karena pengalaman saya sebelumnya dengan pemberi pinjaman online, apakah Anda tahu sedikit? '' Elegantloanfirm@hotmail.com Perusahaan ini telah sangat membantu saya dan kolega saya dan hari ini, terima kasih kepada perusahaan kredit ini, pemilik bangga atas pekerjaan dan tanggung jawab yang terorganisir dengan baik, mereka tersenyum kembali kepada saya. Jadi jika Anda benar-benar perlu menumbuhkan atau memulai bisnis Anda sendiri, atau jika Anda benar-benar perlu meminjam uang dalam kesulitan keuangan apa pun, kami sarankan Anda menemukan peluang pengembangan keuangan dalam bisnis Anda hari ini. {E-mail:} Elegantloanfirm@hotmail.com / nomor whats-app +393511617486 .... online untuk kredit bukan korban penipuan Terima kasih.

NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
NEGARA: INDONESIA
KOTA: BATU MALANG JATIMMY
WHATSAPP: +62 877-4316-8500
HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berbalik.
Saya telah mengalami kesulitan keuangan untuk beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
Tapi kompilasi saya berpikir hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya mencoba untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga saya dapat mengambil manfaat darinya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui katakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata, dan tulus di seluruh dunia jadi jangan ragu untuk menghubungi IBU KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp:  karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478 atau +1323 230-9820
NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
INSTAGRAM: KARINA ROLAND
TWITTER: KARINA ROLAND
EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

Halo semuanya, nama saya edy nurachman, saya dari indonesia saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ibu karina, pemilik KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang telah membantu saya mendapatkan pinjaman untuk membayar biaya pengobatan selama masa istri saya sakit.
Pada tanggal 20 januari 2021 saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250.000.000.000,00 juta rupiah dan saya diminta untuk mengisi data saya untuk verifikasi di formulir aplikasi pinjaman yang ada setelah itu saya juga diminta untuk mengirimkan ktp foto id card saya untuk verifikasi ke memungkinkan mereka melanjutkan proses pinjaman yang saya lakukan setelah semua persyaratan telah dipenuhi dalam waktu singkat pinjaman saya sebesar Rp250.000.000,00 juta rupiah indonesia ditransfer ke rekening bank saya, saya menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang yang mencari untuk pinjaman di blog ini mereka harus menghubungi IBU KARINA, ibu adalah penolong sejati sejati yang dikirim dari Allah untuk membantu orang, bahwa jika Anda benar-benar membutuhkan perusahaan pinjaman yang sah yang memberikan pinjaman, Anda dapat menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND melalui whatsapp atau email, +1585 708-3478 or +1 323 230-9820   karinarolandloancompany@gmail.com, dan masalah anda akan teratasi, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian saya semoga allah menyertai kalian semua, kalian juga tidak bisa hubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email deniferiana3@gmail.com
PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
WHATSAPP: +1585 708-3478 atau +1 323 230-9820
INSTAGRAM: KARINA ROLAND
TWITTER : KARINA ROLAND
NAMA FACEBOOK: ELENA KARINA ROLAND
EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
NAMA : Edy nurahman
NEGARA: indonesia
JUMLAH: Rp250.000.000,00
TANGGAL: 20 januari 2021

CUKUP CUKUP BAGI ORANG BIJAKSANA.
PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com )
whatsapp....+1585 708-3478 atau +1323 230-9820
facebook.....elena karina roland
instagram.....karina roland
twitter............karina roland

Salam pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang ingin mengambilnya sendiri untuk mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan semua itu. saya AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di KOTA TERENGGANU MALAYSIA telah mengambil inisiatif untuk membagikan artikel ini kepada yang berkepentingan agar mereka dapat belajar dan mendidik diri mereka sendiri darinya. Itu buruk untuk memperpanjang di mana Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan ternyata palsu. Sebenarnya saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali hingga saya kehilangan total hampir RM14,000 semuanya atas nama mendapatkan pinjaman untuk berinvestasi dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga memastikan bahwa mereka nyata, periksa ulasan mereka dan juga keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan dengan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai dengan ulasan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman keinginan kami sebesar RM80,000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hubungi hanya KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan.#SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
negara......Malaysia
nama.........Afizah Nazari
Jumlah yang disetujui.....Rm80,000
bank.......BSN (Malaysia)
email.......afizahnazeri@gmail.com

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Properti

Custom Search

Ir. Andreas Siregar

Konsultan Properti

Pendiri AB Property

Tenaga Pengajar pada

PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY

Follow Twitter @penilaipublik untuk Tips & Konsultasi Properti

Aditya Budi Setyawan

Pendiri AB Property (Partner) ✉absetyawanwassuccess@live.com

☎ 0878787 702 99

085 7755 1819 5

0852 2120 3653

021 444 300 33 (flexi)

BB : 31 789 C84

Facebook Twitter MySpace Blogger Google Talk absetyawan Y! messenger adityabsetyawan
My QR VCard

Cari