Selasa, 10 April 2012

Bunga 7,49 Persen Khusus Rumah di Atas Rp 250 Juta

BANDAR LAMPUNG - Bank Tabungan Negara (BTN) bisa mewujudkan mimpi Anda untuk memiliki rumah idaman tanpa harus dibebani bunga yang tinggi. Melalui kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA), Anda hanya dikenai bunga single digit 7,49 persen yang tidak akan berubah selama dua tahun pertama.

Namun, bunga single digit tersebut hanya berlaku untuk KPR atau KPA dengan harga di atas Rp 250 juta. Program ini mulai diberlakukan sejak 1 Maret 2012.


Branch Manager BTN Cabang Bandar Lampung Abdul Firman mengatakan, sebagai bank berpengalaman dan tepercaya dalam pembiayaan KPR, pihaknya selalu berupaya terus mengembangkan strategi unggulan dalam mempertahankan pangsa pasar melalui berbagai inovasi pengembangan produk dan jasa. Salah satunya adalah melalui bunga single digit ini. 

"Terobosan dilakukan dengan menurunkan suku bunga dasar kredit (SBDK) yang seiring dengan penurunan faktor bunga acuan dari Bank Indonesia (BI) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)," ujarnya, Senin (9/4).

Firman membenarkan kebijakan ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi tumbuhnya industri perumahan di Indonesia. BTN sendiri sebenarnya telah beberapa kali menurunkan suku bunga kredit, di mana yang terakhir adalah 7,49 persen.

Dia juga mengaku optimistis penyaluran KPR di Lampung semakin meningkat dengan target pertumbuhan kredit sebesar 25-30 persen. Dia yakin target tersebut dapat tercapai kendati ada ketentuan baru dari BI terkait risiko loan to value (LTV) yang menetapkan uang muka KPR sebesar 30 persen.

Menurut Firman, uang muka 30 persen berlaku untuk rumah dengan luas bangunan di atas 70 meter persegi. Nah, rumah tersebut sudah tergolong dalam kelompok menengah ke atas.

"Secara ekonomi (konsumen) sudah cukup mampu untuk membayar uang muka sebesar 30 persen. Jadi semangat LTV lebih dimaksudkan untuk meminimalisasi risiko pemberian kredit," terangnya.

Karena ketentuan ini tidak berlaku bagi rumah tipe 70 ke bawah, jadi tidak terlalu berdampak terhadap bisnis KPR BTN. Pasalnya, komposisi pembiayaan KPR BTN  masih didominasi tipe 70 ke bawah, yakni di kisaran 85-90 persen. Sedangkan tipe di atas 70 hanya sekitar 10 persen.(anastasia)




Tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Properti

Custom Search

Ir. Andreas Siregar

Konsultan Properti

Pendiri AB Property

Tenaga Pengajar pada

PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY

Follow Twitter @penilaipublik untuk Tips & Konsultasi Properti

Aditya Budi Setyawan

Pendiri AB Property (Partner) ✉absetyawanwassuccess@live.com

☎ 0878787 702 99

085 7755 1819 5

0852 2120 3653

021 444 300 33 (flexi)

BB : 31 789 C84

Facebook Twitter MySpace Blogger Google Talk absetyawan Y! messenger adityabsetyawan
My QR VCard

Cari