Sabtu, 17 Maret 2012

Penghuni Rusun Mengeluh, Fasilitas Minim Namun Harga Sewa Naik

Penghuni Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Sindang, Koja, Jakarta Utara keluhkan fasilitas yang tak memadai. Mereka memiliki banyak keluhan selama tinggal di sana, namun mereka tak punya pilihan lain selain bertahan.

Rusun Sindang dibangun sejak 2003. Rusun dibangun di atas bekas pemukiman padat kumuh yang habis terbakar. Warga korban kebakaran difasilitasi untuk menempati rusun tersebut. Namun, kondisi rusun saat ini tak berbeda jauh dengan kondisi sebelumnya yang kumuh dan tak terawat.


"Harga terus naik, tapi nggak diimbangi perawatan dan fasilitas," keluh Jaenudin (42 tahun), salah satu penghuni rusun. ''Kalau pagi hari, air mati. Orang mau berangkat kerja kan jadi susah. Sampah cuma ditumpuk di belakang, nggak ada bak sampahnya.''

Keluhan warga tidak hanya soal air dan sampah. Lahan parkir sudah setahun lebih diukur-ukur, tapi sampai sekarang nggak jadi-jadi. Keamanan rusun juga dinilai kurang sehingga pernah ada yang jatuh dari lantai empat. Begitu pula masalah atap rusun yang bocor.

Meski fasilitas tak memadai, pihak rusun tetap menaikkan tarif sewa. Tarif sewa selama ini dibagi dua golongan, beraubsidi dan umum. Warga korban kebakaran diberikan keringanan dengan pemberian tarif sewa Rp 116 ribu per bulan. Sedangkan, tarif umum Rp 229 ribu per bulan untuk tarif lantai satu. Semakin tinggi lantai, tarif sewanya semakin murah Rp 5.000.

Perum Perumnas, selaku pengelola rusun, mengaku terdapat dana perawatan rusun. Namun, perawatan tersebut tergantung laporan warga. "Kalau ada keluhan warga, nanti kita perbaiki," ujar staf pengelola rusun Sindang, Nana Kusmana, Kamis (15/3).

Adapun mengenai kenaikan tarif, pihaknya mengaku baru menaikkan satu kali pada tahun ini. Kenaikkannya sebesar lima persen. "Kita baru ini menaikkan tarif, itupun hanya lima persen,'' katanya. ''Padahal, dalam perjanjian sewa, itu tercantum kenaikan per tahun sebesar 10 persen.''

Sumber: republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Properti

Custom Search

Ir. Andreas Siregar

Konsultan Properti

Pendiri AB Property

Tenaga Pengajar pada

PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY

Follow Twitter @penilaipublik untuk Tips & Konsultasi Properti

Aditya Budi Setyawan

Pendiri AB Property (Partner) ✉absetyawanwassuccess@live.com

☎ 0878787 702 99

085 7755 1819 5

0852 2120 3653

021 444 300 33 (flexi)

BB : 31 789 C84

Facebook Twitter MySpace Blogger Google Talk absetyawan Y! messenger adityabsetyawan
My QR VCard

Cari