Senin, 09 April 2012

Wajib Pakai Listrik Surya di Perumahan Sulit Dilakukan

Pemerintah akan mewajibkan pengembang perumahan dan apartemen memakai listrik tenaga surya (solar cell) untuk penerangan umum. Kebijakan ini dianggap memberatkan terutama implementasinya di lapangan.

Director Office Services Colliers International Bagus AdiKusumo mengatakan rencana kebijakan itu merupakan niat baik pemerintah dalam menggalakkan program penghematan energi, namun harus didukung dengan sistem dan implementasi yang sesuai.

"Saya rasa di Indonesia idenya bagus tapi penerapannya berat, aplikasinya itu sulit," katanya dalam acara Colliers Press Luncheon di Gedung WTC Sudirman Jakarta, Senin (9/4/12).


Bagus menambahkan hal ini harus sesuai dengan sistem yang ada dan juga harus ada konsekuensi terhadap penerapan program penghematan ini. "Saya sih setuju aja. Tapi reliable apa nggak, jangan nanti tidak konsisten," tuturnya.

Meskipun menurutnya dari sisi pengembang, rencana penghematan energi menggunakan lampu bertenaga surya ini akan menguntungkan para pengembang properti. Penghematan itu akan mempengaruhi harga sewa dan jual gedung-gedung dan apartemen atau sektor properti lainnya.

"Kalau listrik dikurangi, rentalnya dinaikin, dari sisi income developer bisa naik. Bisa lebih cepet incomenya," jelasnya.

Sebelumnya Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mengatakan akan membuat aturan soal kewajiban kawasan perumahan dan gedung bertingkat menggunakan listrik panel surya untuk fasilitas umum seperti penerangan jalan. Hal ini bagian dari gerakan penghematan energi nasional.

Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Properti

Custom Search

Ir. Andreas Siregar

Konsultan Properti

Pendiri AB Property

Tenaga Pengajar pada

PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY

Follow Twitter @penilaipublik untuk Tips & Konsultasi Properti

Aditya Budi Setyawan

Pendiri AB Property (Partner) ✉absetyawanwassuccess@live.com

☎ 0878787 702 99

085 7755 1819 5

0852 2120 3653

021 444 300 33 (flexi)

BB : 31 789 C84

Facebook Twitter MySpace Blogger Google Talk absetyawan Y! messenger adityabsetyawan
My QR VCard

Cari