Kamis, 15 Desember 2011

Kuartal IV 2011: Permintaan Apartemen Sewa Meningkat 10%

JAKARTA– Konsultan properti internasional Cushman and Wakefield menyatakan, pada kuartal IV/2011 permintaan kumulatif apartemen sewa di Jakarta meningkat 10,6% dibandingkan kuartal yang sama tahun 2010.

Kepala Riset dan Penasihat Cushman and Wakefield Indonesia Arief Rahardjo mengatakan, permintaan kumulatif apartemen sewa hingga akhir tahun ini menunjukkan angka 28.268 unit tersewa dan mengalami peningkatan sebesar 7,1% dari kuartal III / 2011 dan 10,6% dari akhir tahun lalu. Menurutnya, tren apartemen sewa di Jakarta semakin tinggi, hal ini disebabkan aksesibilitas dan jalanan di tengah kota yang mulai padat.


“Sekarang banyak orang mulai mencari apartemen sewa untuk akses ke tempat kerjanya. Kecenderungannya sekarang, apartemen untuk ditinggali sendiri bukan investasi lagi, end user biasanya keluarga muda yang biasa tinggal di luar negeri,” kata Arif saat menghadiri pemaparan Jakarta Property Market and Economic Review 2011 and Outlook 2012 di Jakarta kemarin.

Dia menyatakan, meski terdapat sedikit penurunan jumlah ekspatriat karena sebagian dari mereka kembali ke negaranya dalam rangka liburan akhir tahun, pasar apartemen sewa Jakarta berhasil menutup tahun ini dengan aktivitas sewa yang memuaskan.Hal tersebut dibuktikan oleh peningkatan tingkat hunian di seluruh subsektor apartemen sewa pada kuartal IV / 2011.

“Saat ini harga apartemen sekitar Rp8–12 juta per meter persegi.Hal yang menarik adalah meningkatnya penghuni domestik yang signifikan dalam sub-sektor apartemen servis bahkan penghuni domestik pun sudah mulai mengambil alih dominasi penghuni subsektor kondominium sewa yang semula didominasi oleh ekspatriat,”jelasnya.

Apartemen sewa yang memperbolehkan sewa jangka pendek, menurut Arif, terutama yang berada di area Central Business District (CBD), menikmati keuntungan dari penyelenggaraan SEA Games yang melibatkan 11 negara di Asia Tenggara pada bulan November lalu. Selain itu,liburan akhir tahun dan acara pertemuan perusahaan maupun lembaga pemerintahan pun mampu meningkatkan tingkat hunian apartemen sewa.

“Maka dari itu, akomodasi jangka pendek berperan penting terhadap kinerja apartemen sewa selama kuartal ini,”ujarnya. Sub-sektor apartemen servis sendiri,lanjut dia,mencatat tingkat hunian sebesar 79,2%, naik sebesar 1,83% dari kuartal III lalu dan 5% dari kuartal IV tahun lalu. “Akomodasi jangka pendek dari peserta SEA Games, pemerintahan, perusahaan, dan keluarga domestik telah menaikkan tingkat hunian selama kuartal ini,” kata dia.

Arif menjelaskan, meski 68% penghuni apartemen servis merupakan ekspatriat, terdapat peningkatan penghuni domestik yang tajam hingga hampir 100% dari angka tahun lalu. Hal ini menurutnya menunjukkan semakin diminatinya apartemen servis bagi pasar domestik. Dia menambahkan, untuk tingkat hunian sub-sektor kondominium sewa tercatat sebesar 65,7% atau tumbuh sebesar 1% dari tahun sebelumnya dan 4,2% dari kuartal sebelumnya.

Sebagian besar penyewa memilih unit berdasarkan aksesibilitas menuju lokasi aktivitas karena semakin parahnya kemacetan lalu lintas kota Jakarta. Proporsi ekspatriat mengalami penurunan sebesar 4% dari kuartal lalu ke angka 48% sehingga saat ini penghuni domestik merupakan mayoritas penghuni sub-sektor kondominium sewa.

Sementara, pengamat ekonomi makro dari Independet Research & Advisory Indonesia (IRAI) Lin Che Wei mengatakan, Indonesia pada 2012–2016 akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi paling tinggi di negara-negara Asia- Pasifik. Karena itulah, dia meminta pemerintah dan kalangan pengusaha bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membangun tingkat investasi.

“Secara fundamental, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat kuat,hanya wahana untuk investasinya tidak banyak. Ini bisa menjadi peluang di masa mendatang kalau Indonesia bisa mendapat investment grade,”kata dia. heru febrianto 

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/451530/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Properti

Custom Search

Ir. Andreas Siregar

Konsultan Properti

Pendiri AB Property

Tenaga Pengajar pada

PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY

Follow Twitter @penilaipublik untuk Tips & Konsultasi Properti

Aditya Budi Setyawan

Pendiri AB Property (Partner) ✉absetyawanwassuccess@live.com

☎ 0878787 702 99

085 7755 1819 5

0852 2120 3653

021 444 300 33 (flexi)

BB : 31 789 C84

Facebook Twitter MySpace Blogger Google Talk absetyawan Y! messenger adityabsetyawan
My QR VCard

Cari