Selasa, 24 April 2012

Solo: REI prediksikan pertumbuhan properti Solo melambat akibat kenaikan IMB

Ilustrasi
Investasi di sektor properti Solo diperkirakan akan sedikit terpengaruh dengan naiknya retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hingga tiga kali lipat. Pengaruh terutama akan dirasakan pengusaha yang mengembangkan properti dalam bentuk rumah toko (ruko).

Ketua Real Estat Indonesia (REI), Yulianto mejelaskan, kenaikan retribusi ini sebenarnya memiliki dua sisi, positif dan negatif. Di satu sisi, naiknya retribusi ini diharapkan bisa sedikit menahan laju pertumbuhan jumlah hotel baru yang terus bermunculan di Solo. Kendati demikian, di sisi lain kenaikan ini juga akan menghambat pengusaha lokal yang memiliki investasi dengan nilai yang lebih kecil. Misalnya bangunan dalam bentuk ruko atau perkantoran.


"Padahal, saat ini di Solo pengembang banyak membangun ruko atau rukan di berbagai kawasan strategis," ucap dia, Selasa (24/4).

Lebih lanjut, pengusaha memang bisa saja dengan mudah menaikkan harga jual properti. Namun, dikhawatikan hal ini malah jadi bumerang bagi pengembang, sebab belum tentu pasar bisa menyerap properti dengan harga yang lebih tinggi.

Selain berpengaruh pada investasi dalam bentuk ruko atau rukan, dia memperkirakan kebijakan baru ini juga akan berdampak pada pengembangan perumahan. Masyarakat akan makin berat untuk membangun rumah untuk hunian mereka. Walaupun, pengembangan rumah hunian di Solo saat ini tidak banyak. Pengembangan properti di Solo lebih banyak didominasi untuk tujuan bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Properti

Custom Search

Ir. Andreas Siregar

Konsultan Properti

Pendiri AB Property

Tenaga Pengajar pada

PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY

Follow Twitter @penilaipublik untuk Tips & Konsultasi Properti

Aditya Budi Setyawan

Pendiri AB Property (Partner) ✉absetyawanwassuccess@live.com

☎ 0878787 702 99

085 7755 1819 5

0852 2120 3653

021 444 300 33 (flexi)

BB : 31 789 C84

Facebook Twitter MySpace Blogger Google Talk absetyawan Y! messenger adityabsetyawan
My QR VCard

Cari