Rabu, 18 April 2012

Kebijakan pemerintah berpotensi mengguncang dunia properti

Pengembang properti saat ini dipenuhi oleh rasa was-was. Penilaian ini merupakan hasil riset dari konsultan properti, A Cushman & Wakefield Research Publication yang disampaikan di Jakarta, Selasa (17/4).

Hasil riset konsultan ini menyebutkan, naiknya rasio pinjaman KPR untuk konsumen membuat pasar properti terguncang. Riset menyebutkan, kredit KPR sebesar 70% untuk pembelian rumah bisa berdampak pada penjualan properti milik pengembang.


Tak hanya aturan dari Bank Indonesia soal KPR itu saja yang bikin masalah. Riset menyebutkan, wajib lapor transaksi rumah di atas Rp 500 juta ke Pusat Pelaporan dan Analisis transaksi keuangan (PPATK) juga bikin pusing pengembang.

Tak hanya itu, pengembang properti juga pusing oleh rencana pembatasan bahan bakar minyak (BBM) maupun rencana kenaikan harga BBM pada kuartal II ini. "Kenaikan harga BBM tidak berdampak langsung kepada pengembang, tetapi berdampak pada daya beli terhadap produk properti," papar Arief Rahardjo, Head of research & Advisory PT Cushman & Wakefield Indonesia, di Jakarta.

Arief memprediksi, pertumbuhan pasar properti tahun 2012 ini tidak secemerlang semasa 2011. "Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai penjualan rumah di 2012 ini. Kalaupun ada pertumbuhan positif mungkin angkanya pun tidak akan terlalu signifikan," tambah Arief.

Kondisi ini diakui oleh salah satu pengembang di Tangerang. Ia menyatakan, gamang dengan aneka kebijakan pemerintah yang bisa membuat lesu pasar properti. “Salah satu yang memberatkan kami itu adalah, wajib lapor transaksi untuk pembelian properti Rp 500 juta, ini bikin pelanggan kami enggan membeli unit,” kata pengembang apartemen yang enggan menyebut nama itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Properti

Custom Search

Ir. Andreas Siregar

Konsultan Properti

Pendiri AB Property

Tenaga Pengajar pada

PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY

Follow Twitter @penilaipublik untuk Tips & Konsultasi Properti

Aditya Budi Setyawan

Pendiri AB Property (Partner) ✉absetyawanwassuccess@live.com

☎ 0878787 702 99

085 7755 1819 5

0852 2120 3653

021 444 300 33 (flexi)

BB : 31 789 C84

Facebook Twitter MySpace Blogger Google Talk absetyawan Y! messenger adityabsetyawan
My QR VCard

Cari